Abdhie Blog'sZ

Manfaatkan Artikel dengan Sebaik-baiknya ya sob!!!

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

Macam-macam protocol

IP ( Internet Protocol )

Internet Protocol (IP) adalah protokol yang digunakan untuk melakukan komunikasi data melalui sebuah internetwork packet-switched menggunakan Internet Protocol Suite, juga disebut sebagai TCP / IP. IP adalah protokol utama dalam Layer Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas untuk menyampaikan datagram, protokol dibedakan (paket) dari sumber host ke host tujuan semata-mata berdasarkan alamat mereka. Untuk tujuan ini Protokol Internet mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk enkapsulasi datagram. Versi utama pertama menangani struktur, sekarang disebut sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4) masih dominan protokol Internet, walaupun penggantinya, Internet Protocol Version 6 (IPv6) sedang digunakan secara aktif di seluruh dunia

Karena abstraksi disediakan oleh enkapsulasi, IP dapat digunakan melalui jaringan heterogen, yaitu, menghubungkan jaringan komputer dapat terdiri dari kombinasi Ethernet, ATM, FDDI, Wi-Fi, token ring, atau lainnya. Setiap pelaksanaan link layer mungkin memiliki metode sendiri menangani (atau mungkin kurang lengkap itu), dengan kebutuhan yang sesuai untuk menyelesaikan alamat IP ke alamat data link. Resolusi alamat ini ditangani oleh Address Resolution Protocol (ARP) untuk IPv4 dan Neighbor Discovery Protocol (RPN) untuk IPv6.


TCP (Transmission Control Protocol)

Transmission Control Protocol (TCP) , merupakan salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP merupakan salah satu dari dua komponen asli suite (yang lainnya adalah Internet Protocol, atau IP), sehingga seluruh paket sering disebut sebagai TCP / IP. Sedangkan IP menangani tingkat transmisi yang lebih rendah dari komputer ke komputer sebagai pesan membuat jalan di Internet, TCP beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi, hanya peduli dengan dua sistem akhir, misalnya browser Web dan server Web. Secara khusus, TCP menyediakan system yang handal, memerintahkan pengiriman aliran byte dari sebuah program pada satu komputer ke program lain pada komputer lain. Selain Web, aplikasi TCP umum lainnya termasuk e-mail dan transfer file. Di antara tugas lainnya manajemen, ukuran segmen TCP kontrol, kontrol aliran, tingkat di mana data dipertukarkan, dan kemacetan lalu lintas jaringan.

TCP menyediakan layanan komunikasi pada tingkat menengah antara program aplikasi dan Protokol Internet (IP). Yaitu, ketika sebuah program aplikasi menginginkan untuk mengirim potongan besar data di Internet menggunakan IP, bukan memecah data menjadi potongan IP-ukuran dan menerbitkan serangkaian permintaan IP, perangkat lunak dapat mengeluarkan permintaan tunggal untuk TCP dan biarkan TCP menangani rincian IP. TCP merupakan layanan streaming handal yang menjamin pengiriman arus data yang dikirim dari satu host ke yang lain tanpa duplikasi atau kehilangan data. Sejak transfer paket tidak dapat diandalkan, teknik yang dikenal sebagai pengakuan positif dengan transmisi digunakan untuk menjamin kehandalan transfer paket. Teknik fundamental mengharuskan penerima untuk merespon dengan pesan pengakuan seperti menerima data. Pengirim menyimpan catatan dari setiap paket yang dikirim, dan menunggu confirmasi sebelum mengirim paket berikutnya. Pengirim juga menggunakan waktu dari saat paket itu dikirimkan, dan mentransmisikan kembali paket jika waktunya berakhir. Penghitung waktu diperlukan dalam kasus sebuah paket akan hilang atau rusak.

TCP menggunakan nomor port gagasan untuk mengidentifikasi aplikasi mengirim dan menerima end-titik pada suatu host, atau soket Internet. Setiap sisi dari sebuah koneksi TCP memiliki nomor port 16-bit unsigned terkait (0-65535) dilindungi oleh mengirim atau menerima aplikasi. Paket data TCP diidentifikasi sebagai milik koneksi TCP tertentu dengan socket, yaitu, kombinasi alamat host sumber, port sumber, alamat tujuan host, dan port tujuan. Ini berarti bahwa komputer server dapat menyediakan beberapa klien dengan beberapa layanan sekaligus, selama klien mengurus memulai koneksi simultan ke satu port tujuan dari port sumber yang berbeda. nomor Port dikategorikan menjadi tiga kategori dasar: yang terkenal, terdaftar, dan dinamis / swasta. Port terkenal ditetapkan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan biasanya digunakan oleh sistem-level atau proses root. Terkenal aplikasi yang berjalan sebagai server dan pasif mendengarkan untuk koneksi biasanya menggunakan port. Beberapa contoh termasuk: FTP (21), SSH (22), TELNET (23), SMTP (25) dan HTTP (80).


UDP (User Datagram Protocol)

User Datagram Protocol (UDP) adalah salah satu anggota inti dari Internet Protocol Suite, seperangkat protokol jaringan yang digunakan untuk Internet. Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirim pesan, dalam hal ini disebut sebagai datagram, untuk host lain pada Internet Protocol (IP) jaringan tanpa membutuhkan komunikasi sebelum mengatur saluran khusus atau jalur transmisi data. UDP kadang-kadang disebut Universal Datagram Protocol.

UDP menggunakan model transmisi sederhana tanpa implisit hand-shaking dialog untuk menjamin kehandalan, memesan, atau integritas data. Dengan demikian, UDP menyediakan layanan datagram tidak dapat diandalkan dan mungkin tiba out of order, muncul digandakan, atau hilang tanpa pemberitahuan. UDP mengasumsikan bahwa pemeriksaan kesalahan dan koreksi baik tidak diperlukan atau dilakukan dalam aplikasi, menghindari overhead pengolahan tersebut pada tingkat antarmuka jaringan. aplikasi Sisa-sensitif sering menggunakan paket UDP karena menjatuhkan adalah lebih baik untuk menunggu untuk paket tertunda, yang tidak mungkin menjadi pilihan dalam sistem real-time. Jika kesalahan fasilitas, koreksi dibutuhkan di tingkat antarmuka jaringan, aplikasi dapat menggunakan Transmission Control Protocol (TCP) atau Stream Control Transmission Protocol (SCTP) yang dirancang untuk tujuan ini.

Biasanya aplikasi UDP menggunakan soket datagram untuk membangun komunikasi host-to-host. Soket mengikat aplikasi untuk port layanan, yang berfungsi sebagai titik akhir transmisi data. port adalah struktur perangkat lunak yang diidentifikasi oleh nomor port, sebuah nilai integer 16 bit, yang memungkinkan untuk nomor port antara 0 dan 65.535. Port 0 adalah reserved, tetapi apabila nilai port sumber diperbolehkan, jika proses pengiriman tidak mengharapkan pesan dalam respon.
Port 1 sampai 1023 (0x3FF heksadesimal) diberi nama " well-known " port dan pada sistem operasi mirip Unix, mengikat ke salah satu port ini membutuhkan superuser (root) akses. Port 1024 melalui 49.151 (0xBFFF) adalah port terdaftar. Pelabuhan 49.152 melalui 65.535 (0xFFFF) digunakan sebagai port sementara terutama oleh klien ketika berkomunikasi dengan server.


DNS (Domain Name System)

Domain Name System (DNS) adalah suatu sistem hirarki penamaan untuk komputer, jasa, atau sumber daya yang terhubung ke Internet atau jaringan pribadi. Hal asosiasi berbagai informasi dengan nama domain ditugaskan untuk masing-masing peserta. Yang terpenting, hal menerjemahkan nama domain berarti bagi manusia ke dalam numerik (biner) pengidentifikasi yang terkait dengan jaringan peralatan untuk tujuan menemukan dan menangani perangkat ini di seluruh dunia. Sebuah analogi yang sering digunakan untuk menjelaskan DNS adalah bahwa ia berfungsi sebagai buku telepon "untuk Internet dengan menerjemahkan nama host komputer yang digunakan manusia menjadi alamat IP.

Secara umum, DNS juga menyimpan informasi jenis lain, seperti daftar mail server yang menerima email untuk domain Internet tertentu. Dengan memberikan seluruh dunia sebuah kata kunci layanan berbasis redirection, Domain Name System merupakan komponen penting dari fungsi Internet.

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.


PPP (Point-to-Point Protocol)

Point-to-Point Protocol, atau PPP, merupakan data link protokol yang umum digunakan untuk membuat sambungan langsung antara dua node jaringan. Ini dapat memberikan otentikasi koneksi, transmisi privasi enkripsi, dan kompresi. PPP digunakan di banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, line telepon, trunk line, telepon selular, radio link khusus, dan serat optik link seperti SONET. Kebanyakan penyedia layanan Internet (ISP) menggunakan PPP untuk akses pelanggan dial-up ke Internet. Dua bentuk enkapsulasi PPP, Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPPoE) dan Point-to-Point Protocol atas ATM (PPPoA), yang digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk menghubungkan Digital Subscriber Line (DSL) layanan Internet.

PPP biasanya digunakan sebagai protokol data link layer untuk koneksi lebih dari rangkaian sinkron dan asinkron, di mana sebagian besar telah digantikan dengan yang lebih tua, non-standar Serial Line Internet Protokol (SLIP) dan perusahaan telepon standar diamanatkan (seperti Link Access Protocol Balanced ( LAPB) dalam protokol X.25). PPP dirancang untuk bekerja dengan berbagai protokol lapisan jaringan, termasuk Internet Protocol (IP), Novell IPX (IPX), NBF dan AppleTalk.


SLIP (Serial Line Internet Protocol)

Serial Line Internet Protocol (SLIP) adalah kebanyakan enkapsulasi usang dari Internet Protocol yang dirancang untuk bekerja di port serial dan koneksi modem. Hal ini didokumentasikan di RFC 1055. Pada komputer pribadi, SLIP telah digantikan oleh Point-to-Point Protocol (PPP), yang lebih baik penggunannya, memiliki lebih banyak fitur dan tidak memerlukan konfigurasi alamat IP yang harus ditetapkan sebelum dibentuk. Pada mikrokontroler, bagaimanapun, SLIP masih merupakan cara yang disukai encapsulating paket IP karena overhead yang sangat kecil.

SLIP memodifikasi standar TCP / IP datagram dengan menambahkan " SLIP END " karakter untuk itu, yang membedakan batas datagram dalam aliran byte. SLIP memerlukan konfigurasi port serial 8 bit data, no parity, dan either EIA hardware flow control, atau mode CLOCAL (3-wire null-modem) UART pengaturan operasi.

SLIP tidak menyediakan deteksi kesalahan, karena bergantung pada protokol lapisan atas untuk ini. Oleh karena itu SLIP sendiri tidak memberikan koneksi dial-up error. Meskipun demikian masih berguna untuk menguji kemampuan respon sistem operasi 'di bawah beban (dengan melihat statistik flood-ping).SLIP juga saat ini digunakan dalam Protokol BlueCore Serial untuk komunikasi antara modul Bluetooth dan komputer host.


ICMP (Internet Control Message Protocol)

Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. Hal ini terutama digunakan oleh sistem komputer jaringan operasi untuk mengirim pesan kesalahan-menunjukkan, misalnya, bahwa layanan yang diminta tidak tersedia atau bahwa host atau router tidak bisa dihubungi.

ICMP mengandalkan IP untuk melakukan tugasnya, dan merupakan bagian integral dari IP. Hal ini berbeda dalam tujuan dari protokol transport seperti TCP dan UDP bahwa biasanya tidak digunakan untuk mengirim dan menerima data antara sistem akhir. Hal ini biasanya tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan pengguna, dengan beberapa pengecualian sebagai alat ping dan traceroute.

Pesan ICMP umumnya dihasilkan sebagai respons terhadap kesalahan di datagram IP (seperti dispesifikasikan di RFC 1122) atau untuk tujuan diagnosa atau routing. Pesan ICMP yang dibangun pada layer IP, biasanya dari sebuah datagram IP yang normal yang menghasilkan respon ICMP. IP merangkum pesan ICMP yang sesuai dengan header IP yang baru (untuk mendapatkan pesan ICMP ke host pengirim yang asli) dan memancarkan datagram yang dihasilkan dengan cara biasa. Sebagai contoh, setiap mesin (seperti router perantara) yang ke depan sebuah datagram IP harus menurunkan time to live (TTL) bidang header IP per satu; jika TTL mencapai 0, sebuah Sisa ICMP untuk hidup melebihi transit pesan dikirim ke sumber datagram. Setiap pesan ICMP dienkapsulasi secara langsung dalam IP datagram tunggal, dan dengan demikian, seperti UDP, ICMP tidak dapat diandalkan. Meskipun ICMP pesan yang terkandung dalam datagram IP standar, pesan ICMP biasanya diproses sebagai kasus khusus, dibedakan dari pengolahan IP normal, bukan diproses sebagai sub-protokol IP normal. Dalam banyak kasus, perlu untuk memeriksa isi pesan ICMP dan memberikan pesan kesalahan yang sesuai dengan aplikasi yang dihasilkan paket IP asli, salah satu yang mendorong pengiriman pesan ICMP.


POP3 (Post Office Protocol version 3)

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.Protokol ini dispesifikasikan pada RFC 1939.


IMAP (Internet Message Access Protocol)

Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah salah satu dari dua protokol standar Internet yang paling umum digunakan untuk pengambilan e-mail, yang sedang berinteraksi pada Post Office Protocol (POP). Hampir semua modern e-mail client dan server mail. Lain mendukung kedua protokol sebagai sarana untuk mentransfer e-mail dari server.

E-mail klien menggunakan IMAP umumnya meninggalkan pesan pada server sampai pengguna secara eksplisit menghapusnya. Ini dan karakteristik lain dari operasi IMAP memungkinkan beberapa klien untuk mengelola kotak surat yang sama. Kebanyakan klien e-mail dukungan IMAP di samping untuk POP untuk mengambil pesan, namun lebih sedikit penyedia layanan internet (ISP) dukungan IMAP. IMAP menawarkan akses ke toko mail. Klien dapat menyimpan salinan setempat dari pesan, tetapi ini dianggap sebagai cache sementara.

E-mail akan dikirim ke server e-mail yang menyimpan pesan dalam kotak email penerima. Pengguna mengambil pesan dengan klien e-mail yang menggunakan salah satu dari sejumlah e-mail protokol pengambilan. Beberapa klien dan server preferentially penggunaan khusus vendor, protokol proprietary, tetapi kebanyakan mendukung protokol standar Internet, SMTP untuk mengirim e-mail dan POP dan IMAP untuk mengambil e-mail, memungkinkan interoperabilitas dengan server lain dan klien. Sebagai contoh, Microsoft Outlook client menggunakan protokol khusus untuk berkomunikasi dengan server Microsoft Exchange Server sebagai tidak Catatan IBM klien saat berkomunikasi dengan server Domino, tapi semua produk ini juga mendukung POP, IMAP, dan SMTP keluar. Dukungan untuk protokol Internet standar memungkinkan banyak e-mail klien seperti Pegasus Mail atau Mozilla Thunderbird (lihat perbandingan e-mail klien) untuk mengakses server, dan memungkinkan klien untuk digunakan dengan server yang lain (lihat daftar server mail) .


SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah standar Internet untuk surat elektronik (e-mail) dan melakukan transmisi di Internet Protocol (IP) jaringan. SMTP pertama kali didefinisikan dalam RFC 821 (STD 15) (1982) [1], dan terakhir diperbarui oleh RFC 5321 (2008) [2] yang meliputi SMTP diperluas (ESMTP) penambahan, dan merupakan protokol yang digunakan secara luas hari ini. SMTP ditetapkan untuk transportasi surat keluar dan menggunakan port TCP 25.

Sementara server surat elektronik dan agen surat lain transfer menggunakan SMTP untuk mengirim dan menerima pesan email, aplikasi-aplikasi client user-level mail biasanya hanya menggunakan SMTP untuk mengirimkan pesan ke server mail untuk menyampaikan. Untuk menerima pesan, aplikasi-aplikasi client biasanya menggunakan baik Post Office Protocol (POP) atau Internet Message Access Protocol (IMAP) untuk mengakses account email mereka di kotak server mail.

SMTP adalah protokol berbasis teks, di mana mail pengirim berkomunikasi dengan penerima mail dengan menerbitkan string perintah dan penyediaan data yang diperlukan melalui saluran data yang dapat dipercaya memerintahkan sungai, biasanya sebuah Transmission Control Protocol (TCP) koneksi. Sebuah sesi SMTP terdiri dari perintah berasal oleh klien SMTP dan tanggapan yang sesuai dari server SMTP dengan sesi yang dibuka, parameter sesi dipertukarkan, penerima ditentukan dan mungkin diverifikasi, dan pesan telah dikirim, sebelum sesi ditutup. Tuan rumah yang berasal adalah salah satu email client pengguna-akhir ini, fungsional diidentifikasi sebagai mail user agent (Mua), atau transfer server melalui mail transfer agent (MTA)


HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol untuk Layer Aplikasi terdistribusi, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah standar permintaan-respon khas komputasi client-server. Dalam HTTP, web browser atau laba-laba biasanya bertindak sebagai klien, sementara aplikasi yang berjalan pada komputer hosting situs web bertindak sebagai server. Klien, yang mengajukan permintaan HTTP, juga disebut sebagai user agent. Server merespons, yang menyimpan atau menciptakan sumber daya seperti file HTML dan gambar, dapat disebut server asal. Di antara agen pengguna dan server asal mungkin beberapa perantara, seperti proxy, gateway, dan tunnels.

HTTP tidak dibatasi pada prinsipnya untuk menggunakan TCP / IP, meskipun ini adalah implementasi platform yang paling populer. Memang HTTP dapat "diimplementasikan di atas protokol lainnya di Internet, atau jaringan lain." HTTP hanya mengandaikan sebuah transportasi yang handal; setiap protokol yang menyediakan jaminan tersebut dapat digunakan. Sumber daya yang akan diakses oleh HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI)-atau, lebih khusus, Uniform Resource Locators (URL)-menggunakan http atau https URI skema.

Sebuah sesi HTTP adalah urutan transaksi jaringan permintaan-respon. Sebuah HTTP client memulai permintaan. Ini menetapkan Daftar Transmission Control Protocol (TCP) koneksi ke port tertentu pada host (biasanya port 80; melihat TCP dan nomor port UDP). Sebuah server HTTP yang mendengarkan pada port menunggu pesan permintaan klien. Setelah menerima permintaan ini, server akan mengirimkan kembali baris status, seperti "HTTP/1.1 200 OK", dan pesan sendiri, tubuh yang mungkin merupakan sumber daya yang diminta, pesan kesalahan, atau beberapa informasi lainnya.


HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah kombinasi dari Hypertext Transfer Protocol / protokol TLS/SSL untuk menyediakan enkripsi dan pengaman (website pengujian keamanan) identifikasi server. koneksi HTTPS sering digunakan untuk transaksi pembayaran di World Wide Web dan untuk transaksi sensitif dalam sistem informasi perusahaan. HTTPS tidak harus bingung dengan Secure HTTP (S-HTTP) yang ditentukan di RFC 2660.

Gagasan utama HTTPS adalah untuk membuat saluran aman melalui jaringan tidak aman. Ini menjamin perlindungan yang wajar dari penyadap dan serangan man-in-the-middle, asalkan cipher suite yang memadai digunakan dan bahwa sertifikat server diverifikasi dan terpercaya. Kepercayaan yang melekat dalam HTTPS didasarkan pada sertifikat otoritas utama yang datang pra-instal di software browser (ini setara dengan mengatakan "Saya percaya otoritas sertifikat (misalnya VeriSign / Microsoft / dll)

Sistem ini juga dapat digunakan untuk otentikasi client untuk membatasi akses ke web server untuk pengguna yang sah. Untuk melakukan hal ini, administrator situs biasanya membuat sertifikat untuk setiap pengguna, sebuah sertifikat yang dimuat ke / di browser nya. Biasanya, yang berisi nama dan alamat e-mail dari pengguna yang berwenang dan secara otomatis diperiksa oleh server pada masing-masing kembali untuk memverifikasi identitas pengguna, berpotensi bahkan tanpa memasukkan password.



SSH (Secure Shell)

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan data yang akan dipertukarkan menggunakan saluran aman antara dua perangkat jaringan. Digunakan terutama di GNU / Linux dan sistem Unix berbasis untuk mengakses account shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan system terpencil tidak aman lain, yang mengirim informasi, terutama password, di plaintext, membuat mereka rentan terhadap analisis paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan tidak aman, seperti Internet.

SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan jika perlu, memungkinkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna. SSH biasanya digunakan untuk login ke mesin remote dan mengeksekusi perintah, tetapi juga mendukung tunneling, forwarding TCP port dan koneksi X11, yang dapat mentransfer file menggunakan protokol SFTP berhubungan atau SCP SSH. Menggunakan model client-server. TCP port standar 22 telah ditetapkan untuk menghubungi server SSH. Sebuah program klien SSH biasanya digunakan untuk membangun koneksi ke daemon SSH menerima koneksi jauh. Keduanya sering hadir pada sistem operasi paling modern, termasuk Mac OS X, Linux, FreeBSD, Solaris dan OpenVMS. Proprietary, freeware dan versi open source dari berbagai tingkat kompleksitas dan kelengkapan yang ada.


TELNET (TErminaL NETwork)

TELNET (TErminaL NETwork) adalah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan fasilitas komunikasi teks interaktif dua arah berorientasi koneksi melalui virtual terminal. User data di-band diselingi dengan informasi DNS TELNET dalam sambungan data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet adalah sebuah protokol client-server, berdasarkan koneksi-berorientasi transportasi yang handal. Biasanya protokol ini digunakan untuk membuat sambungan ke Transmission Control Protocol (TCP) nomor port 23, di mana aplikasi Telnet server (telnetd) adalah mendengarkan. Telnet, Namun, ada sebelum TCP / IP dan awalnya tergilas Jaringan Control Program (NCP) protokol. Sebelum 5 Maret 1973, Telnet adalah protokol ad-hoc tanpa definisi resmi . Pada dasarnya, dulu saluran 8-bit untuk pertukaran data 7-bit ASCII. Setiap byte dengan bit set tinggi Telnet karakter khusus. Pada tanggal 5 Maret 1973, sebuah standar protokol Telnet adalah pasti pada UCLA dengan penerbitan dua dokumen NIC: Telnet Protocol Specification, NIC # 15372, dan Spesifikasi Opsi Telnet, NIC # 15.373. Karena "" arsitektur protokol pilihan negotiable, banyak ekstensi dibuat untuk itu, beberapa di antaranya telah diadopsi sebagai standar Internet, dokumen IETF STD STD 27 sampai 32. Beberapa ekstensi telah diterapkan secara luas dan lain-lain diusulkan standar pada jalur standar IETF.


FTP (File Transfer Protocol)

File Transfer Protocol ( FTP ) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk pertukaran dan memanipulasi file melalui jaringan TCP / IP berbasis, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur klien-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara aplikasi client dan server. FTP digunakan dengan otentikasi berbasis password atau pengguna dengan akses pengguna anonim.
Aplikasi interaktif awalnya alat baris perintah dengan sintaks perintah standar, tetapi antarmuka pengguna berbasis grafik telah dikembangkan untuk semua sistem operasi desktop yang digunakan saat ini.

Spesifikasi FTP yang asli adalah sebuah metode yang secara inheren aman untuk mentransfer file karena tidak ada metode khusus untuk mentransfer data dengan cara dienkripsi. Ini berarti bahwa konfigurasi jaringan yang paling bawah, nama user, password, perintah FTP dan file yang ditransfer dapat ditangkap oleh siapa saja di jaringan yang sama menggunakan packet sniffer. Ini adalah masalah umum untuk spesifikasi protokol Internet yang ditulis sebelum penciptaan SSL, seperti HTTP, SMTP dan Telnet. Solusi umum untuk masalah ini adalah dengan menggunakan SFTP baik (SSH File Transfer Protocol), atau FTPS (FTP melalui SSL), yang menambahkan enkripsi SSL atau TLS untuk FTP sebagaimana tercantum dalam RFC 4217.

Sebuah host yang menyediakan layanan FTP tambahan dapat menyediakan akses FTP anonim. Pengguna biasanya login ke layanan dengan account 'anonim' ketika diminta untuk nama pengguna. Meskipun pengguna biasanya diminta untuk mengirim alamat email mereka sebagai pengganti password, sedikit ada verifikasi sebenarnya dilakukan pada data yang disediakan, contoh untuk ini adalah server FTP dari Pusat Informasi Nasional Bioteknologi Sebagai klien FTP modern biasanya menyembunyikan proses login anonim dari pengguna, ftp klien akan menyediakan data dummy sebagai password (karena alamat email pengguna mungkin tidak dikenal untuk aplikasi).


LDAP (Lightweight Directory Access Protocol)

Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) adalah sebuah protokol aplikasi untuk queri dan memodifikasi data menggunakan layanan direktori berjalan melalui TCP / IP. direktori adalah satu set obyek dengan atribut yang diselenggarakan secara logis dan hirarkis. Sebuah contoh sederhana adalah direktori telepon, yang terdiri dari daftar nama (baik orang atau organisasi) yang diselenggarakan abjad, dengan nama masing-masing memiliki alamat dan nomor telepon yang terkait dengannya.

Direktori LDAP sering mencerminkan politik, geografis, dan / atau batas-batas organisasi, tergantung pada model yang dipilih. LDAP deployments hal ini cenderung menggunakan Domain Name System (DNS) nama untuk penataan tingkat paling atas hirarki. Lebih dalam direktori entri mungkin muncul mewakili orang-orang, unit organisasi, printer, dokumen, kelompok orang atau hal lain yang merupakan catatan pohon tertentu (atau beberapa entri).

Sebagian besar bagian dari LDAP yang diperluas. Contoh: Satu dapat menentukan operasi baru. Kontrol dapat mengubah permintaan dan tanggapan, misalnya diurutkan meminta hasil pencarian. lingkup pencarian baru dan metode Bind dapat didefinisikan. Atribut dapat memiliki pilihan yang dapat memodifikasi semantik mereka. Sebagai LDAP yang mendapatkan perhatian, vendor telah menyediakan itu sebagai protokol akses ke layanan lainnya. implementasi kemudian recasts data untuk meniru model LDAP/X.500, tetapi seberapa dekat model ini diikuti bervariasi. Misalnya, ada perangkat lunak untuk mengakses database SQL melalui LDAP, meskipun LDAP tidak mudah meminjamkan sendiri untuk ini. Server [7] X.500 dapat mendukung LDAP juga. Demikian pula, data yang sebelumnya diselenggarakan di jenis lain menyimpan data kadang-kadang dipindahkan ke direktori LDAP. Misalnya, pengguna Unix dan kelompok informasi dapat disimpan dalam LDAP dan diakses melalui PAM dan modul NSS. LDAP sering digunakan oleh layanan lainnya untuk


SSL (Secure Socket Layer)

SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link dienkripsi antara web server dan browser. Link ini memastikan bahwa semua data yang melewati antara web server dan browser tetap swasta dan integral. SSL adalah suatu standar industri dan digunakan oleh jutaan situs dalam perlindungan transaksi online mereka dengan pelanggan mereka.

Supaya dapat membuat sambungan SSL web server membutuhkan Sertifikat SSL. Bila ingin memilih mengaktifkan SSL di server web Anda, Anda akan diminta untuk melengkapi sejumlah pertanyaan tentang identitas situs Web Anda dan perusahaan Anda. web server Anda kemudian membuat dua kunci kriptografi - Private Key dan Public Key.

Biasanya sebuah SSL Certificate akan berisi nama domain Anda, nama perusahaan, alamat Anda, kota Anda dan negara Anda. Hal ini juga akan berisi tanggal berakhirnya Sertifikat dan rincian Otoritas Sertifikasi bertanggung jawab atas penerbitan Sertifikat. Ketika browser menghubungkan ke situs yang aman akan mengambil situs SSL Sertifikat dan memeriksa bahwa itu belum kedaluwarsa dan telah dikeluarkan oleh browser Sertifikasi Otoritas, dan yang sedang digunakan oleh situs web yang telah diterbitkan . Jika gagal di salah satu dari pemeriksaan ini browser akan menampilkan peringatan kepada pengguna akhir membiarkan mereka tahu bahwa situs tersebut tidak dijamin dengan SSL.

0 komentar:

Poskan Komentar

About this blog

Blog in di buat hanya untuk kepentingan pembeljaran serta pengetahuan dalam dunia informatika untuk itu diharapkan dapat disikapi dengan baik.
semoga semua bahan bacaan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Mengenai Saya

Foto Saya
anaknya baek rajin pandai suka menabung...hahahah

Date and Time

Pengikutkhuw