Abdhie Blog'sZ

Manfaatkan Artikel dengan Sebaik-baiknya ya sob!!!

1. Perhatikan Tombol


Periksa kembali tombol-tombol yang berhubungan dengan computer apakah sudah pada posisi ON semua.

· Tombol Power yang berada di bagian depan casing

· Tombol Power yang ada di monitor

· Tombol Power yang ada di belakang casing

· Tombol Power yang ada di kabel tambahan atau kabel rol


2. Periksa PSU


Pastikan bahwa setting power supply sudah benar. Karena jika voltase input untuk Power Supply Unit ( PSU ) tidak sesuai dengan yang kita pakai di Indonesia (kita menggunakan input 230 V), maka computer tidak akan bias dinyalakan.

Berikutnya, periksa apa ada kabel power yang kendur atau tidak tertancap dengan benar pada posisinya, baik itu yang ke monitor atau yang ke PSU.

Selanjutnya, lakukan tes sederhana dengan perangkat elekronik lainnya untuk memastikan apakah daya listrik benar-benar ada. Misalnya lampu, radio atau yang lainnya.

Jika semua tidak ada masalah, adalah periksa PSU anda. PSU rusak bisa diindikasikan dengan tidak berputarnya kipas di dalamnya. Oleh karena itu, periksa dulu apakah kipasnya berputar atau tidak dengan merasakan angin di belakangnya. Masalah lainnya lagi adalah jika melihat lampu indicator yang ada di depan casing. Jika PSU dinyalakan tapi lampu indicator yang ada di depan casing tidak menyala, bisa jadi PSU tersebut bermasalah.


3. Cek kabel dan komponen


Komponen – komponen internal yang tidak terpasang dengan benar atau goyang juga dapat menyebabkan computer tidak menyala. Cobalah untuk mencabutnya dulu, dan mamasangnya kembali. Beberapa komponen tersebut antara lain

· Kabel front panel

· Memory RAM

· Video Card

· Exspension Card di slot PCI yang berupa sound card, TV tuner, modem, dan lain-lain.

· Processor juga bisa dipasang ulang, jika semua hal di atas tadi belum juga menuai hasil. Tapi lakukan dengan sangat hati-hati.

Perhatika apakah ada konslet atau arus pendek di casing anda. Arus pendek dapat menyebabkan menyala selama satu atau dua detik kemudian mati kembali. Arus pendek ini biasanya disebabkan oleh potongan besi atau baut yang membentuk sebuah koneksi listrik yang seharusnya tidak ada. Misalnya ada baut yang jatuh ke permukaan Motherboard sehingga terjadi kontak dengan komponen internal Motherboard . Jika ingin mengambil komponen yang jatuh tadi , computer harus dalam keadaan mati, dan konektor daya harus di cabut dari PSU.

4. Lihat Monitor


Melihat gejala-gejala yang ditampilkan oleh monitor. Hampir di semua monitor terdapat lampu kecil yang terdapat di samping tombol powernya. Warna lampu tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi tertentu. Jika lampu tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi tertentu. Jika lampunya tidak sama sekali, coba ulangi langkah-langkah pertama yang sudah di bahas, seperti memeriksa kabel, tombol, dan pastikan koneksi ke port video card benar-benar terpasang dengan kencang.

Jika lampunya berwarna oranye tapi computer nyala dan harddisk bekerja dengan norma, tapi video card tidak mengirimkan informasi apa-apa ke monitor. Coba copot, dan pasang kembali video cardnya. Bila tidak bisa juga, coba dengan video card lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Blog in di buat hanya untuk kepentingan pembeljaran serta pengetahuan dalam dunia informatika untuk itu diharapkan dapat disikapi dengan baik.
semoga semua bahan bacaan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Mengenai Saya

Foto saya
anaknya baek rajin pandai suka menabung...hahahah

Date and Time

Pengikutkhuw

Powered By Blogger